A.
Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu
pendidikan Islam dapat diartikan sebagai studi tentan proses kependidikan yang
didasarkan pada nilai-nilai filosof ajaran Islam berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah
Nabi Muhammad SAW. Dengan redaksi yang agak singkat, Ilmu Pendidikan Islam
adalah Ilmu Pendidikan yang berdasarkan Islam.
Dua
definisi Ilmu Pendidikan Islam tersebut, selain menjelaskan karakteristiknya,
yakni ajaran Islam yang dinanti akan dijelaskan, secara implisit menunjukkan
adanya dua konsep yang melandasi rancang bangun Ilmu Pendidikan Islam, yaitu
konsep education academic dan konsep paedagogie.
Pengembangan
Ilmu Pendidikan Islam dengan menggunakan konsep educatioan academic akan
menuju kepada ilmu yang bersifar terbuka, luwes dan menuntut redefinisi secara
terus menerus. Dengan menggunakan konsep education academic, Ilmu
pendidikan Islam akan menerima pengaruh yang luas dari berbagai disiplin ilmu
yang sesuai dan terus berkembang, yaitu ilmu psikologi, filsafat, sejarah,
sosiologi, kebudayaan, politik, manajemen, informasi telematika, hukum dan
lainnya. Berdasarkan pada konsep ini, Ilmu Pendidikan Islam berkonsentrasi pada
dataran teoritis dan idealis yang selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar
epistemologi bagi keperluan rancang bangun desain pendidikan. Desain dan
rumusan konsep tentang visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar,
guru, murid, manajemen, sarana prasarana, pembiayaan, lingkuangan, evaluasi dan
aspek pendidikan lainnya, akan mengambil manfaat dari ilmu Pendidikan Islam
yang berbasis pada education academic ini.
Selanjutnya,
Ilmu Pendidikan Islam menurut konsep paedagogie hanya akan memperhatikan interaksi-interaksi
yang terjadi antara seorang dewasa dengan anak-anak yang belum dewasa untuk
mencapai kedewasaan, dengan menempatkan masalah perkembangan kesadaran nilai
dan tata nilai sebagai pusat dan akhir dari segenap tidakan pendidikan.
Sementara itu, tindakan pengajaran merupakan merupakan medium untuk membawa peserta
didik kepada tata nilai tersebut. Dalam kaitan ini, maka pendidikan mau tidak
mau harus berkonsentrasi pada wilayah kajian yang membahas masalah nilai dan
tata nilai (filsafat), perkembangan tata nilai dalam masyarakat (antropologie
& sociologi), pertumbuhan kesadaran nilai dan tata nilai dari peserta
didik (psikologi) dan cara-cara mengkomunikasikan nilai dan tata nilai kepada
peserta didik (sibernetika) yang menopang diaktik dan metodik. Dengan demikian,
sesungguhnya antara Ilmu Pendidikan Islam yang berdasarkan konsep education
academic & paedagogie dapat dipertemukan.
Sebagai
sebuah disiplin ilmu, Ilmu Pendidikan Islam pun bersifat ilmiah akademik, namun
tidak sepenuhnya tunduk pada budaya ilmu modern yang cenderung anti agama atau
menjauhkan ilmu pengetahuan dengan campur tangan agama. Ilmu pendidikan Islam
tidak memiliki karakter yang sekuler sebagaimana yang terdapat dalam budaya
barat. Kata Islam yang berada di belakang kata Ilmu Pendidikan selain menjadi
sumber motivasi, inspirasi, sublimasi dan intergrasi bagi pengembangan Ilmu
Pendidikan, juga sekaligus menjadi karakter dari Ilmu Pendidikan Islam itu
sendiri.
Ilmu
Pendidikan Islam yang berkarakter Islami itu adalah Ilmu Pendidikan yang
sejalan dengan nilai-nilai luhur yang terdapatj di dalam al-Qur’an dan Sunnah.
Karakter ajaran Islam yang selanjutnya menjadi karakter ilmu Pendidikan Islam
tersebtu menjadi pembeda antara ilmu pendidikan yang berasal dari Barat dengan
Ilmu Pendidikan Islam.
B.
Tujuan Ilmu Pendidikan Islam
Sejalan
dengan pengertian dan karakter Ilmu Pendidikan Islam, maka ilmu Pendidikan
Islam, baik secara teori maupun praktik, berusaha merealisasikan misi ajaran
Islam, yaitu menyebarkan dan menanamkan ajaran Islam ke dalam jiwa umat
manusia, mendorong penganutnya untuk mewujudkan nilai-nilai ajaran al-Qur’an
dan Sunnah sebagaimana tersebut di atas, mendorong pemeluknya untuk menciptakan
pola kemajuan hidup yang dapat menyejahterakan pribadi dan masyarakat,
meningkatkan derajat dan martabat manusia dan sebagainya.
Tujuan
Ilmu Pendidikan Islam lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut:
Pertama,
melakukan
pembuktian terhadap teori-teori kependidikan Islam yang merangkum aspirasi atau
cita-cita Islam yang harus diikhtiarkan agar menjadi kenyataan.
Kedua,
memberikan
bahan-bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan dalam segala aspeknya bagi pengembangan ilmu
Pendidikan Islam tersebut. Ia memberikan bahan masukan yang berharga kepada
ilmu ini.
Ketiga,
menjadi
korektor terhadap kekurangan teori-teori yang dipegangi oleh ilmu pendidikan
Islam sehingga kemungkinan pertemuan antara teori dan praktik semakin dekat dan
hubungan antara keduanya bersifat interaktif (saling mempengaruhi).
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup pendidikan Islam dapat dikemukakan sebagai berikut;
Pertama,
teori-teori
dan konsep-konsep yang diperlukan bagi perumusan desain pendidikan Islam dengan
berbagai aspeknya. Visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar dan
sebagainya. Teori-teori dan konsep-konsep tersebut dibangun dari hasil kajian
yang ilmiah dan mendalam terhadap sumber ajaran agama Islam yang terdapat dalam
al-Qur’an dan Sunnah, serta berbagai disiplin ilmu yang relevan. Seperti
sejarah, psikologi, sosiologi, politik, budaya, hukum, etika, manajemen,
teknologi dan sebagainya.
Kedua,
teori
dan konsep yang diperlukan untuk kepentingan praktik pendidikan, yaitu
mempengaruhi peserta didik agar mengalami perubahan, peningkatan dan kemajuan
baik dari segi wawasan, keterampilan, mental spiritual, sikap, pola pikir dan
kepribadiannya. Berbagai komponen keterampilan terapan yang diperlukan dalam
praktik pendidikanm berupa praktik padagogis, didaktik dan metodik didasarkan
pada teori-teori dan konsep-konsep yang terdapat dalam Ilmu Pendidikan islam.
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapus